Selasa, 16 September 2008

Seorang pria dengan wajah senang menjawab, ”Alhamdulilah rumah saya selamat, padahal satu komplek tersebut semua hangus terbakar”, ketika ditanya wartawan. Rasa syukur juga sering kita ucapkan tatkala bencana beberapa kali memporakporandakan wilayah Indonesia namun tidak menimpa diri kita.

Apa yang aneh dari ungkapan-ungkapan syukur tersebut? Bukankah ketika kita banyak bersyukur Allah akan melipatgandakan karunianya kepada kita?

Sebagai manusia yang beriman memang sudah seharusnya kita bersyukur atas segala karunia yang diberikan Allah kepada kita. Namun syukur macam apakah yang seharusnya kita lakukan? Syukur mawujud dalam laku hidup kita yang selalu mengabdi hanya kepada Allah. Expresinya terlihat dalam bentuk amalan ibadah maupun akhlakuk karimah.

Akan tetapi dalam diri manusia ada nafsu. Nafsu bisa mengurangi kualitas ibadah bahkan menghancurkan ibadah kita. Ketika selamat dari musibah/bencana yang bersifat massal kita merasa bahwa Allah menyelamatkan kita karena kita sudah banyak beribadah. Kita menyangka bahwa hal tersebut adalah balas jasa Tuhan kepada kita. Sementara yang mendapatkan musibah tiada lain karena mereka banyak melakukan maksiat kepada Allah. Kita seperti menari (baca : bersyukur) di atas kesusahan orang lain. Kata syukur yang kita ucapkan sebenarnya syukurin (bahasa Betawi) lu mampus, nih gue selamet!

Ya Allah mengapa tidak sekalian rumah saya hangus terbakar. Ya Allah muliakanlah mereka yang mendapat musibah. Jadikanlah kami orang-orang yang bersabar. Begitulah kira-kira ucapan kita! (meski mungkin hati kita tetapberucap, ”syukur aku selamat, bukan mereka”)

2 komentar:

  1. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  2. looh, kok ada promo caleg???
    Njenengan wong partai tah, kang?

    BalasHapus